Tuesday, January 3, 2012

Dari Terpaksa Jadi Suka

Sampe sekarang ini, aku masih suka takjub sama diri sendiri (wekks, lebay), kok bisa ya suka ngubek di dapur. Sebelas tahun lalu, waktu masih kuliah di Yogya, aku terkenal nggak doyan ke dapur. Masak nasi pun nggak pernah. Paling pol tuh bantuin ibu ngiris bawang atau metikin sayuran. Sehari-hari, karena ngekos, aku makan di kantin kos/kampus.

Aku terpaksa nyebur ke dapur pas kuliah kerja nyata di Boyolali, Jawa Tengah. Mau nggak mau, soalnya ibu yang rumahnya kami tempati nggak bersedia masakin. Praktis selama dua bulan, aku dan temen-temen cewek dapet tugas masak buat kami sekelompok. Udah gitu, hampir tiap pagi mesti belanja ke pasar, mana nggak bisa nawar. Hadoooh, bener-bener rasanya kek disiksa. Dua bulan jadi terasa lamaaaa.

Tapiii, itu dulu. Setelah kerja di Bandung, kira-kira lima tahun lalu, aku mulai tertarik ngelongok perdapuran. Bikin donat, roti goreng, atau olliebollen udah bisa (halah, itu kan setipe). Cuma, karena masih ngekos dan peralatan terbatas, ngedapurnya cuma sesekali. Hari libur lebih sering aku isi dengan wisata kuliner ke sana kemari. Nggak heran kalau aku lebih dikenal sebagai penghobi wisata makan-makan dan tempat bertanya buat temen-temen yang mo kulineran di Bandung. Cerita soal makan-makan aku kumpulin di sini (sekarang terbengkalai, kalah ama blog ini...hehe).


Setahun lalu, aku dipindah ke Jakarta. Di sini, aku ngontrak rumah bareng dua temen cewek. Dan, di rumah kontrakan inilah aku menemukan keasikan ngubek-ubek dapur, coba-coba resep. Berbekal wajan, panci, rice cooker, oven tangkring, dan beberapa loyang, aku mulai bisa leluasa memasak. Seringnya sih masak nasi, sayur, dan lauk buat bekal ke kantor. Hidup sehat gitu ceritanya. Aku juga suka nyobain resep-resep kue. Kalau libur, aku sekarang bisa betah banget di rumah, nangkring di depan oven (padaal Jakarta udah panasss ya). Kalaupun pergi, ujung-ujungnya suka nyangkut ke tempat bahan/perlengkapan bikin kue, buku resep, atau pernak-pernik buat motret hasil karyaku.

Selama ini hasil praktekku masih terbatas buat diri sendiri, keluarga, atau temen-temen kantor. Soalnya masih sering error, masih jauuuh dari sempurna. Tapi aku nggak patah semangat. Apa pun hasilnya, aku pamerin di blog ini... Utamanya sih buat dokumentasi. Alasan laen, biar bisa ditunjukin ke temen atau saudara, juga orangtua, ini loh aku bisa bikin kue, bisa masak. Dan bener aja, blog ini cukup sukses bikin mereka ngiler-ngiler plus kagum (atau shocked?) dengan "kemajuanku", hehe. Sukur-sukur juga blog ini bermanfaat buat orang lain, bisa nularin virus doyan ngedapur.

Truuuus, lewat posting ini, mudah-mudahan menang Second Blog Anniversary Giveaway yang diadain Mbak Tika Hapsari Nilmada, pemilik blog keren Cemplang Cemplung, salah satu blog favoritku. Haha, ngelunjak. Tapi boleh dong berharap, sapa tau hoki :)


Dari tadi cerita mulu. Rasanya kurang afdol ya kalo ngoceh doang tanpa ada bukti aku dah bikin apa aja. Nah, kali ini aku tampilin kukis chococrunch yang aku buat pas libur Natal kemaren. Hasilnya memuaskan loohhh, bener-bener crunchy, dan laris manis cepet abis ama temen-temen kantor. Resepnya di sini yaaa.... Kalau males ngeklik link-nya, bisa simak di bawah ini.

Kue Kering Milo Chococrunch
(www.sajiansedap.com)

Bahan:
175 gram margarin
75 gram gula pasir halus
1 butir telur
50 gram milo
200 gram tepung terigu protein rendah
1/4 sendok teh baking powder
50 gram cococrunch, ditumbuk kasar

Cara bikin:
  1. Panaskan oven 140 derajat Celsius. Kocok margarin dan gula 45 detik.
  2. Tambahkan telur sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
  3. Tambahkan milo. Kocok rata.
  4. Tambahkan tepung dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  5. Tambahkan coco crunch. Aduk rata.
  6. Sendokkan adonan di loyang yang sudah dioles dengan margarin. Tusuk-tusuk adonan dengan garpu.
  7. Oven 25 menit dengan suhu 150 derajat celsius.

Selamat mencoba ya, jangan lupa difoto dan dipamerin di blog :))

2 comments:

tika hapsari nilmada said...

Thanks udah ikutan blogiversary di blog saya, Nanik... :)
Semangat terus nge-blognya ya.

tika hapsari nilmada said...

Kirim email ke saya ya...t_hapsari_rn@yahoo.com tentang pengiriman hadiah :) Congrats, Nanik...