Saturday, January 14, 2012

Bolu Koja Merekah


Maen-maen ke dapur Mbak Astri (sambil berharap dilempar setampah jajan pasar :D), tertarik liat resep bolu koja. Tampaknya enak, pake santen plus pasta pandan. Bahan-bahan ada semua, jadi langsung nyoba bikin deh.

Di resep, instruksi ngocok telor dan gulanya sampe pucat dan lembut. Aku bingung lagi.... Maksudnya sampe kek apa ya? Haruskah sekental pas bikin ontbijtkoek? *Parno euy*

Walo ragu-ragu, ya wes lah... ngocok telornya berenti pas udah putih dan gula larut. Udah agak-agak mau kental gitu....

Daaan, insiden pun terjadi waktu manggang (aku pakai loyang tulban). Awalnya sih baek-baek aja, sampe kemudian muncul sedikit retakan di permukaan. Kupikir gak papalah, dikit inih. Trus aku tinggal motong-motong sayuran (multitasking nih ceritanya, disambi masak). Eh diliat lagi, retakannya udah merembet dan kemudian rata! Bener-bener merekah di bagian atas. Ckckck.

Karena rekahannya merata, pas dipotong-potong malah gak keliatan kalow ini kue gagal. Haha. Rasanya enak, manis gurih dengan aroma pandan yang wangi. Tapi teksturnya kok lebih padet dari yang di foto Mbak Astri ya, walo berdasarkan hasil Googling, bolu ini emang tipe padet. Sepertinya perlu uji coba kedua nih.

No comments: