Sunday, January 15, 2012

Ayam Bakar Cepat Saji

Eits, jangan salah, meski cepat saji, ini bukan produk K*C lohhh... hehehe. Asli ini bikinanku, walau seperti biasa dapet resepnya dari nyontek sana-sini. Sabtu pagi yang gerimis, aku ngrumpi ama tetangga kamar ditemani segelas milo panas. Dia cerita di kantornya abis ada pesta bakar-bakar ayam pake wajan happ*call. Wahh, jadi laper!


Inget di kulkas masih ada stok beberapa potong ayam, aku langsung googling cari resep ayam bakar yang super duper praktis (Googlingnya tetep sambil nyruput milo ya, soalnya kan gaul bo. Meski hapenya jadul, koneksi internet tetep lancar).

Alhamdulillah banget nemu yang cucok, di Dapur Kue Oma (sumber Sedap Sekejap). Makasih ya, mbak yang punya blog :))

Bahan:
1 ekor ayam (potong sesuai selera)
1 sdm air asam jawa
1 sdm air jeruk nipis
2 sdm minyak goreng (untuk menumis)
1 gelas air
60 ml kecap manis

Bumbu halus:
5 bh cabe merah (kalau ngga suka bisa dihilangkan)
10 bh bawang merah
4 bh bawang putih
4 bh kemiri
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk


Cara membuat:
1.Rendam ayam dengan air asam jawa dan air jeruk nipis kurang lebih 15 menit. Fungsi rendaman ini ternyata untuk membuat ayam tidak lembek setelah agak lama digodok, selain itu juga menambah rasa pada ayam bakar.
2.Haluskan bumbu halus, tumis dengan minyak goreng, masukkan ayam, aduk rata.
3.Tambahkan kecap dan air, masak hingga airnya kering.
4. Setelah airnya kering, panggang diatas panggangan.
5.Sajikan dengan sambal dan lalapan.

Versiku enggak pake kemiri, soalnya nggak punya, trus jeruk nipisnya udah pada kering, jadi diganti pake jeruk lemon. Takerannya pun ngga persis di resep, dikira-kira ajah. Lalu, manggangnya bukan di atas bara api, tapi di wajan happ*call kebanggaanku. Hahaa. Rasanya sih udah oke, pas di lidah. Tapi karena masak ayam beserta bumbunya kurang lama, bumbunya kurang meresap ke daging, dan ada bagian daging yang belom matang sempurna.

Aaaahh, kali ini pun hasil percobaan belom maksimal. Tapi, kalo di foto, nggak ada yang tau kan kalo masakan ini masih ada kekurangan? Disajiin ama tumis sayur (gak suka lalap), plus nasi yang dicetak bentuk kepala beruang, bikin ngiler gak sih? :))

No comments: