Saturday, February 12, 2011

Oseng Terong Edisi Kangen Masakan Ibu

Gak ada masakan yang lebih enak di dunia ini selain masakan ibu. Masakan ibuku tuh nggak aneh-aneh. Nggak ada takaran pasti bumbunya seberapa. Cemplung-cemplung, jadi deh, dan selalu enakkk. Sayur bening, oseng-oseng, sayur lodeh, tempe goreng, sayur lombok ijo, pisang goreng, sop, urap, pecel (dengan bumbu buatan sendiri), sambel brambang gulo (bawang merah-gula). Sluuurppp...

Semua masakan ibu aku suka, salah satunya oseng terong. Kalo pulang ke rumah, tanpa diminta, ibu selalu bikinin masakan ini. Terong yang dipake selalu terong ijo yang bulet-bulet, bukan yang lonjong apalagi ungu, dan kadang dari kebun sendiri. Bumbunya cuma bawang merah, bawang putih, cabe keriting hijau yang diiris tanpa talenan, garem, gula (keknya sih gula merah). Kalo ada, kasih tempe bosok juga.

Karena masih punya terong sisa bikin terong balado kemaren, hari ini aku nyobain bikin oseng terong. Cuma, pakenya terong ungu, cabe keriting merah, dan gula pasir. Takarannya asal juga, tapi ngasalnya beda ama ibu...wkwkwkwk. Jadi, rasanya belum ada mirip-miripnya. Masih jauuuh.

Tar kalo pulang mo belajar bikin oseng terong ala ibu ah, juga nyatet semua resep dari dapur ibu...

No comments: