Tuesday, March 11, 2014

Dorayaki, Kuenya Doraemon

Yuhuuu... kembali lagi dengan percobaan baru, dan dengan "gadget" dapur terbaru hasil belanja online. Yak, di awal bulan Maret ini aku memutuskan berinvestasi alat penggiling mi dan cetakan kue lumpur berbahan teflon. Ada juga sih beberapa printilan yang aku beli, kek loyang chiffon, spatula silikon, ama baskom stainless steel buat bikin adonan kue. Inget ya, ini bukan kalap belanja, tapi investasi. Hihi.

Walopun judulnya cetakan kue lumpur, sebernya cetakannya multifungsi kok. Bisa buat bikin aneka kue. Kalow sebutan kerennya sih snack maker. Buat uji coba perangkat ini aku bikin yang gampang aja. Dorayaki. Pancake kesukaan Doraemon. Resepnya aku ikut Mbak Ita Dapur Khayangan. Cuma bahan-bahannya aku sesuaiin ama yang aku punya aja. Mentega cair aku ganti margarin. Susu cairnya aku ganti pake susu bubuk ditambah air mateng aja. Susu kental manis aku pake susu kental manis cokelat. Untuk isiannya, aku pake aja selai cokelat hazelnut. Kalau resminya dorayaki itu diisi pasta kacang merah.

Hasilnya not bad. Cuma permukaan kuenya beberapa terlalu coklat. Rasanya sih gak gosong tapi penampakannya udah terlalu coklat. Trus kalow dari segi penampakan, udah oke juga secara bisa bersarang bagus. Rasanya aja yang menurutku terlalu standar. Mirip pancake tapi lebih padat dan seret. Tapi kalow baca-baca di blog, emang begitu ternyata. Apa lagi ya? Oiya karena aku pake susu kental manis cokelat, itu ngaruh ke warna kuenya. Jadi agak butek. Enggak kuning cerah.

Trus keknya aku nuang adonnya kebanyakan juga jadi kuenya tebal-tebal. Padaal kalow kue dorayaki tuh mestinya gak terlalu tebal, lalu isiannya dibuat sedikit menggunduk di tengah, jadi entar pas ditangkupin menggembung. Ngerti kan maksudku? Nggak ngerti juga? Ini nih penampakan kue dorayaki dari toko kue Komugi Boulangerie di supermarket jejepangan Papaya, Melawai, Jakarta Selatan.

No comments: