Friday, September 6, 2013

Banana Cake "Ngoboy"

Yeeey, back to baking setelah lama vakum selama puasa dan lebaran. Seneng banget percobaan kali ini suksessss. Walaupun metodenya ngoboy, nggak terlalu ngikutin resep, eh malah hasilnya bagus. Emang sebenernya ini tipe kue antigagal sih, banana cake doang gitu loh.

Kue ini aku pilih dalam rangka menyelamatkan pisang tak termakan yang udah coklat-coklat kulitnya. Pisangnya sih cuma satu, tapi pantang dong buang-buang makanan. Bahan-bahannya aku ngikutin resep dari Simply Recipes, trus metode campur-canpurnya aku ngikut resep Banana Cake Nia NCC yang aku ambil dari sini. Tapi tanpa sengaja aku modifikasi sendiri berubung nggak cermat baca resep, jadi beberapa bahan yang mestinya dipisah malah langsung dicampur semua.

Ini dia resep ala aku. Nulisnya sambil nginget-nginget soalnya tadi asal cemplang-cemplung sih.

Bahan:
1 pisang, haluskan pake garpu
1/3-nya dari 1/3 cup minyak (nah lo berapa tuh, pokoknya kira-kira segitu deh)
1/3 cup gula pasir (trus dikurangi lagi sedikit karna takut kemanisan)
1 telur, kocok lepas
1/3 sdt vanilla bubuk
1/3 sdt soda kue (tapi kecampur baking powder sedikit gara-gara salah baca :p)
sedikit garam
1/3 sdt kayu manis (tapi kurang berasa ternyata) *yang ini tambahan dari aku sendiri
1/2 cup terigu serbaguna
Choco chips buat taburan

Cara membuat:
- Panaskan oven 180 derajat celsius.
- Campur pisang yang udah dihaluskan, minyak, dan telur.
- Di tempat terpisah, campur bahan kering (kecuali gula), ayak. Masukkan gula. (Aku tadi malah langsung campur semuanya, hahaha, barbar banget).
- Masukkan bahan kering ke bahan basah sedikit demi sedikit sambil diaduk pake spatula. Jangan overmix biar nggak bantat. Taburi choco chips.
- Tuangkan ke loyang yang udah diolesi margarin dan ditaburi tepung (jadi satu loyang loaf 6 x 13 cm). Kalau versiku, 20 menit pertama pake api bawah, selebihnya pake api atas.

Daaaan, yuhuuu kueku matang sempurna. Dengan permukaan yang coklat sesuai selera. Kuenya lembut dan nggak berat. Udah pas banget. Smoga selanjutnya juga pas, hehe. Sepertinya resep ini bisa jadi andalan soalnya nggak perlu pake mikser dan rasanya juga cihuy. Tinggal dimodifikasi lagi dikasih kacang-kacangan, kismis, atau keju. Yummy!

Oiya pas ngubek-ubek foto di komputer, nemu penampakan banana cake yang aku bikin nurut resep Simply Recipes, cuma tepungnya aku kurangin aja.Trus adonannya aku tambahin choco chips ama almond cincang.

1 comment:

Unknown said...

sayang ya aku ga suka ngemil/makan yg manis2 hehe. liat aja deh hasil olahan dirimu mbak :)