Sunday, April 7, 2013

Puding Roti Rendah Lemak

Hip hip hurayyyy...! Akhirnya kesampaian beli oven listrik! Oven imut Kirin KBO 190-RA kapasitas 19 liter jadi pilihan mengingat harganya ekonomis dan ukurannya nggak terlalu makan tempat di kontrakan baruku yang muat dua orang tapi nggak bisa dibilang luas :p. Aku belinya online di Toko Perabotan. Pesen jam 10-an pagi, sebelum jam 12 siang udah nyampe loh. Keren yaaa, nggak perlu capek-capek, barang datang dengan sendirinya, eh dianter kurir ding.

Langsung nggak sabar buat nyobain. Jadi, walaupun perlengkapan baking masih diungsikan di rumah kakak, semangat nyobain oven baru tetap berkobar. Mulailah aku hunting resep yang nggak ribet.

Berhubung belakangan ini lagi getol makan roti tawar gandum buat sarapan, jadi terpikir buat bikin puding roti tawar. Kan nggak perlu mikser sama loyang macem-macem tuh. Bahan-bahannya juga gampang.

So, keesokan harinya, aku belanja di Super Indo di Jalan Pos Pengumben. Seneng deh, tempat tinggalku sekarang strategis *dari dulu selalu strategis sih*. Ke kantor tinggal sekali angkot (naek sepeda juga bisa), tempat makan banyak dan enak-enak, minimarket deket, supermarket pun nggak jauh. Beli Aqua galon juga tinggal jalan beberapa langkah ke warung, dan kita nggak perlu repot nggotong sendiri. Trus, yang lebih nyenengin lagi, deket ama toko kue dan jajan pasar. Gimana nggak bahagia coba? Tapi meskipun suka, semoga nggak lama-lama di sini, ya. Pengennya segera bisa tinggal di rumah sendiri dengan dapur yang luas biar bebaaas masak dan bikin kue.


Hmm, kebiasaan deh curcol. Well, di supermarket, semua bahan (kecuali kayu manis bubuk) bisa kudapetin. Pulangnya, aku nyari kayu manis bubuk di minimarket deket rumah, nggak ada juga. Adanya kayu manis batangan *eh sebenernya kulit ya?*. Ya wes, daripada nggak ada, beli ajalah. Taunya numbuk kayu manis pake hand blender yang belinya nitip Indah di Belanda itu susah juga. Nyiprat ke mana-mana. Mangkoknya emang seadanya sih, kurang cekung. Udah ribet-ribet begitu belakangan Indah cerita kalow sebenernya dia punya kayu manis bubuk. Aiiih.
Oke semua bahan udah siap. Aku nyontek resep dari blog Simply Cooking and Baking dengan berbagai modifikasi dan takaran kira-kira soalnya belum ada timbangan. Yang dalam kurung itu versiku ya.

Bahan:
2 lembar roti tawar, potong kotak (aku pake 3 lembar roti tawar gandum)
2 butir telur
80 gr gula pasir (3 1/2 sendok makan)
240 ml susu cair (250 ml susu cair rendah lemak tinggi kalsium)
1/2 sdt kayu manis bubuk (gak sampe 1/2 sdt berubung susah ngalusin)

Taburan:
1 sdm kismis atau secukupnya
almond slice secukupnya (aku ganti gula palem)

Cara bikin:

* Aduk telur dan gula sampe gula larut (aku pake sendok doang), tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampe rata, kasih kayu manis bubuk, aduk.
* Atur roti tawar di loyang aluminium foil atau pinggan tahan panas. Tuang adonan susu sambil ditekan-tekan pake garpu, biarkan roti terendam.
* Taburkan kismis di atasnya. Panggang di oven 180 derajat celsius selama 38-45 menit atau sampe matang. Gula palemnya aku taburin di sekitar menit ke-25. Trus 10 menit terakhir aku pake api bawah dan atas barengan.
* Angkat, dinginkan, simpan di kulkas. Konon lebih enak disajikan dingin, tapi pas aku colek anget-anget enak juga kok hehe.

Testimoni dari para tester, pudingnya enak, nggak terlalu manis. Menurutku juga begitu. Aroma kayu manisnya samar-samar ada, padaal kalow sesuai takaran pasti lebih mantep tuh.

Pudingnyan jadi 4 loyang aluminium foil oval, dan itu udah memenuhi nampan oven imutku. Emang ovennya gak bisa buat manggang banyak-banyak. Beda jauh ama oven tangkringku dulu. Tapi kalau mau bawa oven tangkringku itu berarti nekat . Orang pas aku pamer beli oven listrik ama salah satu temen aja dia bilang, "Rumah sekecil itu, ovennya ditaruh mana?"

Tapi, walopun kecil, aku happy karna bisa baking lagi. Target selanjutnya mengangkut kembali sebagian perlengkapan baking-ku, trus beli timbangan digital. Hmm, gajian masih lama ya? :))

No comments: