Tuesday, April 10, 2012

Masak di Dapur Jauh

Sekarang ini, hari libur selalu aku nanti-nantikan buat pergi dari kos. Selama ngontrak setahun kemaren, tiap libur aku ngerasa nggak harus pergi-pergi kalow nggak perlu banget. Soalnya aku lagi seneng-senengnya maen di dapur :D Selama bahan-bahan buat masak atau bikin kue ada, aku bisa betah nggak keluar rumah seharian deh. Kadang lupa mandi pula, hahaha.

Sekarang laen cerita. Setiap libur, aku memilih kabur dari kos. Habis, apa yang bisa diharapkan dari kosan yang sempit dan nggak ada dapurnya? Yang ada sih mati gaya. Jadi, pas libur, kadang pulang ke Gunung Kidul kalow liburnya dua hari, berburu kosan baru, maen ke Bandung, dan paling sering ngungsi ke rumah masku di Jatiwaringin. Di sana aku bisa ketemu dan berantem ama ponakanku yang jutek, Lila :)) Juga ngerumpi ama mbak iparku. Di sanalah aku merasa pulang dan hidup terasa berkualitas.

Sabtu kemaren aku ke sana lagi. Karena udah niat pengen masak, sebelumnya mampir dulu belanja. Kebetulan mbakku belum masak karena lagi sibuk dengan pesanan kuenya. So, buat makan malem, akulah yang masak. Sederhana aja, cuma bikin sapo tahu ala Nanik. Bahannya tahu sutra, ayam filet, ama pakcoy doang. Bumbunya juga nggak selengkap sapo pada umumnya. Cukup garam, gula, bawang bombay, bawang putih, dan saus tiram. Meski aku udah lama nggak masak dan asal cemplang-cemplung, masakanku tetep enak loh. Haha. Bukannya narsis loh, tapi Bunda Lila bilang juga enak. Dan Ayah Lila yang biasanya nggak suka sawi-sawian juga makan (sebenernya sih karena nggak ada pilihan laen kali ya). Fotonya enggak ada, soalnya cuma masak gitu doang. Udah sering.

Seneeeng deh bisa masak lagi. Ntar pengen bikin kue ah...udah ada beberapa resep yang pengen aku uji coba di Dapur Bunda Lila. Oya dapur ini lengkap loh...nggak hanya soal masakan atau kue-kuean, tapi juga ada aneka kreasi flanel Bunda Lila, semacam kaos dan cover tempat tisu. Yang mo liat-liat ato pesen, silakan meluncur ke sana yaaa... 

No comments: