Friday, September 7, 2012

Masak Rumit: Ayam Ungkep Daun Jeruk

Kalau disuruh milih, aku lebih suka bikin kue daripada masak. Masak di sini maksudnya masak sayur, lauk, dan teman-temannya, ya.

Tapi, momen mudik Lebaran kemaren nggak bisa lepas dari aktivitas masak. Maklumlah, kemaren Lebaran pertama tanpa ibu. Mana kakak pulangnya mepet Lebaran. Jadi ya semua aku tangani sendiri, diborong sendiri. Masak buat buka dan sahur, juga buat Lebaran. Masak buat buka atau sahur sih simpel aja. Paling bikin sayur bening, sop, atau oseng-oseng. Lauknya goreng tempe, ikan, tahu, atau telur balado.

Nah, buat Lebaran, mo bikin apa ya? Meski nggak pernah punya menu wajib saat Lebaran (dulu tergantung ibu aja mau masak apa, dan kita nggak pernah protes), pengen jugalah nyiapin masakan yang beda ama menu sehari-hari.

Kebanyakan orang pasti masak opor ayam lengkap dengan sambel goreng dan sayur godog, tentu nggak lupa ketupatnya. Nah, aku nggak mau masak menu yang udah "pasaran". Tadinya mau masak ayam woku belanga, tapi liat resepnya, bumbunya banyaaaaak pisan. Udah gitu takut nggak sesuai ama selera keluarga yang Jawa abis. Hehehe.

Masih dalam kebingungan, aku cari-cari resep di internet, ngumpulin resep berbahan dasar ayam. Ada beberapa yang menarik, termasuk Ayam Ungkep Daun Jeruk dari Sajian Sedap (waaah, jadi situs web favorit nih! Makasih Sase!).

Bumbunya mayan banyak buat pemula semacam aku. Ada bagian yang paling berat juga, yaitu ngulek bumbu. Abis belanja bumbu-bumbu dan ayam, aku mulai beraksi di dapur. Lengkap dengan netbook,  HP, dan kamera. Netbook-nya kubuka di bagian resep, jadi dikit-dikit bisa ngintip buat ngecek bumbu dan langkah-langkah memasaknya. HP buat foto yang di-upload di FB, kamera buat foto untuk blog ini. Hahaha, rempong banget ya? Iya dong, secara ini pengalaman pertama masak rumit, harus diabadikan.
Kenapa rumit? Soalnya selain ada bumbunya banyak dan ada adegan nguleknya, ada pula bumbu yang mesti disangrai dululah, dibakar dululah, mesti nyanten juga. Untungnya udah ada teknologi mesin pemarut kelapa di warung-warung, jadi nggak perlu acara marut kelapa, hehe.

Nah, di tengah proses masak, ternyata ada bumbu yang terlewat, sereh. Cepet-cepet aku ke rumah bulek, minta sumbangan. Beruntung dia punya. Pulang ke rumah, lanjutin masak, loh ada lagi yang kelupaan, daun salam. Males ke rumah bulek yang tadi, aku pindah ke bulek yang laen. Aiiih, capek deh.

Setelah bumbu benar-benar lengkap, tibalah sesi yang paling gak aku suka, ngulek bumbu. Huaaa, mana banyak banget, soalnya aku emang masak buat porsi agak besar. Nguleknya lamaaa banget nggak alus-alus. Itu aja lengan dah mulei pegel. Setelah puluhan menit, hampir setengah jam mungkin, bumbu halus juga. *Gini kok mo ikutan Masterchef, waktu bakalan abis buat ngulek doang! Hahaha*

Tahap selanjutnya lancar jaya dooong. Bahkan sekali icip langsung pas rasanya, nggak perlu revisi. Padaal aku pake ajian kira-kira aja soalnya jumlah ayamnya lebih banyak dari yang di resep. Waaah, senangnya berhasil memasak rumit, bumbunya 14 macem booo! Nggak sia-sia lengan pegel ngulek bumbu. Semua terbayar lunas dengan hasil masakan yang syedaaaap, dapet pujian pula dari sodara-sodara yang nyicipin. Alhamdulillaaah.

2 comments:

adel said...

yuhuuu akhirnya ketemu blog dirimu yg bikin aku ngeces dg posting makanannya haha

Nanik said...

mbak adel: aiiih maluuuuwww, tapi seneng dikunjungi mbak adel yang udah sukses menembus galeri masterchef indonesia 2 :) bagi dong mbak resep2 sehatnya...