Thursday, June 27, 2013

Cute and Colorful Monster Cookies

Lama nih nggak ngeblog, padaal bikin kue tetep jalan loh walopun lagi nggak terlalu rajin. Hmm, baiklah. Sekarang intermeso sedikit ya, temanya tentang kue kering. Ini berawal dari browsing resep kukis tanpa mikser. Aku nemu blog kereeen banget, Sally's Baking Addiction. Fotonya keren-keren, resepnya asik dan (kelihatan) gampang-gampang. Trusss, banyak resep yang nggak perlu pake mikser. Bebas ribet deh. Thanks a bunch Sally. I'm really addicted to your awesome blog :) Simple recipes, clear explanation, and great pictures. It's just perfect.

Kukis yang aku bikin kali ini judul aslinya One Giant Monster M&M Cookie. Meluncurlah ke sana buat ngeliat resepnya langsung. Dijamin ngiler-ngiler deh. Satu resep itu bisa untuk satu kukis besar. Tapi versiku kubikin lebih imut, satu resep bisa buat 6 kukis berdiameter sekitar 8 cm. Tapi buletannya kurang sempurna karna aku maksain si kukis berdesak-desakan di loyang. Jadi jaraknya kurang lebar gitu.


Untuk bahannya sendiri, seperti biasa aku modif sesuai yang ada. Aku ganti mentega sama margarin cookie and cake. Trus choco chip-nya aku ganti cooking chocolate yang aku potong kecil-kecil. M&M-nya juga aku ganti pake Cha-Cha... huehehee, ngirit.com.

Kalau aku baca di blog Sally, kukis ini tekturnya lunak (soft), bukan model crunchy. Jadi aku lamain aja manggangnya biar lebih crunchy. Eh setelah lama ditunggu-tunggu teksturnya masih tetep. Akhirnya kuangkat aja karena takut gosong juga. Setelah dingin sempurna kukisnya jadi firm, tapi tetep kalow digigit lunak.

Rasa kukisnya enggak terlalu manis, tapi kalow gigitnya pas kena cokelatnya, jadi manis buanget. Menurutku jadi terlalu manis. Kalau bikin lagi keknya cokelat salut gulanya mesti diganti ama choco chips yang semi sweet atau dark sekalian kali yah.

No comments: